Tuesday, February 6, 2018

Contoh Soal Pedagogik: Pendidikan Kimia

Aku bakal share beberapa contoh soal pedagogik buat para cikgu atau calon cikgu kimia.
Untuk jawaban silahkan dicari sendiri sesuai teori di buku-buku atau browsing di mbah google. Gak boleh males, apalagi mau asal copas tanpa usaha, hehehe
***


PENDIDIKAN KIMIA
KOMPETENSI PEDAGOGIK

1) Hakekat ilmu kimia merupakan salah satu topik pada mata pelajaran kimia di SMA/MA. Pernyataan yang tepat tentang ilmu kimia adalah ilmu yang ….
A:) mempelajari segala sesuatu tentang zat yang meliputi sifat, perubahan, dinamika dan energetika zat yang melibatkan keterampilan dan penalaran.
B:) mempelajari segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat, perubahan, dinamika dan energetika zat penalaran.
C:) mempelajari segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat, perubahan, dinamika dan energetika zat yang melibatkan keterampilan dan penalaran.
D:) mempelajari segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat, perubahan, dinamika dan energetika zat yang melibatkan keterampilan dan sikap ilmiah.

2) Dalam kimia dikemukakan pernyataan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Pernyataan ini merupakan ....
A:) konsep
B:) prinsip
C:) teori
D:) hukum

3) Penyajian materi pada pembelajaran konstruktivisme biasanya diawali dengan mengetahui ....
A:) prasyarat pengetahuan siswa
B:) pekerjaan rumah siswa
C.: konsepsi awal siswa
D:) hasil diskusi siswa

4) Salah satu teori belajar yang dirujuk saat ini adalah teori konstruktivisme. Prinsip pembelajaran konstrukivisme, siswa ….
A:) membangun pemahaman oleh diri sendiri dari pengalaman-pengalaman baru berdasarkan pada pengalaman sebelumnya
B:) bekerjasama dengan orang lain untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerja sama
C:) belajar bertanggungjawab melalui kegiatan eksplorasi dan sosialisasi
D:) bekerjasama dengan orang lain untuk menciptakan pembelajaran adalah lebih baik dibandingkan dengan belajar sendiri.

5) Dalam teori belajar menurut Piaget ada suaru proses yaitu proses penyesuaian struktur kognitif pebelajar dengan pengetahuan baru. Nama proses tersebut adalah....
A:) Enaktif
B:) Asimilasi
C:) Akomodasi
D:) Equilibrasi

6) Banyak definisi belajar yang dikemukakan pada pakar pendididikan, salah satunya adalah proses belajar akan terjadi jika mengikuti tahap-tahap asimilasi, akomodasi dan ekuilibrasi (penyeimbangan antara proses asimilasi dan akomodasi). Teori tersebut adalah pendapat …
A:) Gagne
B:) Piaget
C:) Ausuble
D:) Bandura

7) Suatu larutan ditambahkan larutan HCl encer mengahasilkan endapan. Lalu ditambahkan H2S tidak membentuk endapan maka kation tersebut adalah ...
A:)    Cu2+
B:)     Ba2+
C:)     Sn4+
D:)    Pb2+

8) Prosedur untuk meguji bahwa suatu sampel mengandung karbohidrat jenis monosakarida…
A:)    Memasukkan 5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji lalu panaskan dalam penangas air, amati selama 2 menit
B:)     Memasukkan 5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji lalu panaskan dalam penangas air, amati selama 15 menit
C:)     Memasukkan 5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji lalu diamati selama 2 menit
D:)    Memasukkan 5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji lalu diamati selama 15 menit

9) Pasangan bahan kimia berikut yang bisa disimpan secara berdampingan dalam almari bahan di laboratorium adalah…
A:)    H2SO4 dan KNO3
B:)     NaCl dan MgSO4
C:)     KMnO4 dan logam natrium
D:)    HCOOH dan H2O2

10) Bahan-bahan kimia seperti kalium sianida, hidrogen sulfida, nitrobenzena, atripin,sublimat HgCl2), persenyawaan sianida, dan arsen merupakan bahan sangat beracun karena dapat menyebabkan kerusakan kesehatan yang akut bahkan kematian pada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh. Berikut ini persyaratan penyimpanan bahan-bahan ini dilaboratorium, kecuali.......
A:)    Ruangan hangat dan tidak perlu ventilasi
B:)     Jauh dari bahaya kebarakan
C:)     Disediakan alat pelindung diri, pakaian kerja, masker dan sarung tangan.
D:)    Dipisahkan dari bahan-bahan yang mugkin bereaksi.

11) Untuk menganalisis sampel yang diduga mengadung kation-kation Pb2+, Ca2+, dan Zn2+ dilakukan serangkaian uji kualitatif yang dirangkum dengan diagram berikut.
x


pereaksi X, Y, dan Z yang tepat berturut-turut adalah...

A:)  NH4OH, NH4OH, KI
B:)  NaOH, NaOH, AgNO3
C:)  H2SO4, HCl, NaOH
D:)  AgNO3, KI, NH4OH

12) Dalam menganalisis suatu zat ionik organik maupun anorganik diperlukan langkah-langkah yang benar agar hasil yang diperoleh sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. berikut adalah beberapa langkah yang biasa dilakukan dalam analisis kimia
1)   pengubahan analit ke dalam bentuk yang sesuai dengan pengukuran
2)   pengukuran
3)   perhitungan dan interpretasi data
4)   sampling
5)   observasi fisik
urutan langkah-langkah yang benar adalah...
A:)  1), 2), 4), 3), 5)
B:)  5), 4), 1), 2), 3)
C:)  5), 2), 4), 1), 3)
D:)  5), 4), 2), 1), 3)

13) Asam sulfat pekat sebaiknya disimpan dalam almari asam yng bagian alasnya dilapisi teflon. Meskipun demikian, dalam keadaan terpaksa, zat ini boleh disimpan dalam tempat lain asalkan tidak boleh berdekatan dengan zat tertentu yang dapat memicu ledakan jika keduanya bercampur. zat berikut ini yang aman bila berdekatan dengan asam sulfat pekat adalah...
A:)  kalium klorat
B:)  amonium nitrat
C:)  kalium permanganat
D:)  aluminium klorida


14) Peralatan gelas berikut ini yang tidak diperlukan pada titrasi penentuan kadar asam cuka dengan larutan standar NaOH adalah...
A:)  pipet volum
B:)  corong pisah
C:)  Erlenmeyer
D:)  buret

15) Zat korosif adalah zat padat, cair, atau gas yang menghancurkan jaringan hidup dengan tindakan kimia di tempat yang mengalami kontak. Efek korosif tidak hanya terjadi di kulit dan mata, tetapi juga di saluran pernapasan dan, bila termakan, di dalam saluran cerna. Berikut ini yang termasuk zat korosif adalah, kecuali...
A:)  asam nitrat
B:)  nitrogen dioksida
C:)  natrium sianida
D:)  fenol

16) Berikut ini adalah manfaat mendayagunakan komputer dalam pembelajaran, kecuali...
A. Membangkitkan motivasi kepada peserta didik dalam belajar
B. Menghasilkan penguatan yang tinggi
C. Peran guru dalam pembelajaran dapat dihilangkan
D. Warna, musik, dan grafis animasi dapat menambahkan kesan realism

17) Secara teoretis, teknologi komputer memainkan peran yang sangat luar biasa untuk mendukung terjadinya proses belajar yang constructive yang artinya...
A:) memungkinkan siswa dapat terlibat aktif oleh adanya proses belajar yang menarik dan bermakna.
B:) memungkinkan siswa dapat menggabungkan ide-ide baru kedalam pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya untuk memahami makna atau keinginantahuan dan keraguan yang selama ini ada dalam benaknya
C:) memungkinkan siswa dalam suatu kelompok atau komunitas yang saling bekerjasama, berbagi ide, saran atau pengalaman, menasehati dan memberi masukan untuk sesama anggota kelompoknya.
D:) memungkinkan siswa dapat secara aktif dan antusias berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

18) Bentuk-bentuk media pembelajaran berbasis komputer yang paling tepat dapat digunakan dalam pembelajaran Kimia dengan tujuan untuk melatih kecakapan dan keterampilan siswa dimana konsep telah diberikan dalam pembelajarann sebelumnya adalah ...
A:) drill and practice
B:) tutorial
C:) games
D:) simulasi

19) Berikut ini adalah alasan yang paling tepat untuk memilih simulasi komputer dalam pembelajaran, kecuali...
A:) dapat melibatkan siswa dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang sebenarnya, namun tanpa resiko yang nyata.
B:) lebih menghemat waktu jika dibandingkan menggunakan situasi real
C:) Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin.
D:) peserta didik belajar untuk membuat keputusan yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang ada

20) Seorang guru ingin memperbaiki pembelajaran pada konsep kesetimbangan kimia dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Dia melakukan refleksi terhadap hasil belajar pada konsep tersebut pada tahun sebelumnya dengan hasil sebagai berikut.
Berdasarkan data Guru tersebut ingin memperbaiki pembelajaran pada konsep tersebut melalui PTK. Masalah yang tepat pada penelitian tersebut adalah....
A:) “Apakah pembelajaran kooperatif pada konsep kesetimbangan dapat meningkatkan proses belajar dan aktifitas siswa”
B:) “Apakah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada konsep kesetimbangan”
C:) “Apakah pembelajaran kooperatif pada konsep kesetimbangan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa”
D:) “Apakah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep kesetimbangan”

21) Pernyataan berikut merupakan manfaat dari penelitian.
i. Memperbaiki hasil belajar dan aktifitas siswa seluruh kelas yang diampu
ii. Membandingkan kemampuan rata-rata pencapaian hasil belajar antar kelas
iii. Meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru
iv. Memperbaiki kinerja-kinerja guru agar nilai kinerjanya baik.
Pernyataan yang merupakan manfaat Penelitian Tindakan Kelas bagi guru adalah....
A:) i dan ii
B:) ii dan iii
C:) ii dan iv
D:) iii dan iv

22) Kompetensi inti dimensi keterampilan atau KI 4 untuk SMA adalah mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. Diantara kegiatan pembelajaran berikut yang sesuai dengan kompetensi tersebut adalah....
A:) membaca teks untuk menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
B:) mendiskusikan reaksi redoks yang terjadi dalam sel elektrolisis larutan dan lelehan menggunakan elektroda inert
C:) mendiskusikan konsep sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.
D:) merancang gagasan cara mencegah dan mengatasi terjadinya korosi

23) Tujuan pembelajaran yang tercantum pada RPP seorang guru kimia adalah “peserta didik dapat menentukan kadar larutan asam asetat dalam cuka dapur melalui percobaan” Materi ajar yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah . . . .
A:) Titrasi asam basa
B:) Sifat asam basa
C:) Konsentrasi larutan
D:) pH larutan

24) RPP yang disusun guru harus dikembangkan sesuai prinsip penyusunan RPP pada peraturan menteri yang berlaku. Diantara pernyataan berikut yang bukan merupakan prinsip penyusunan RPP adalah. . . .
A:) mengembangkan kemandirian belajar
B:) memperhatikan perbedaan individu peserta didik
C:) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
D:) dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai

25) KD pelajaran Kimia kelas XII pada topik sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit adalah 3.2 Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dan 4.2 Mengolah dan menganalisis sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit yang konsentrasinya sama.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi yang paling tepat bagi kedua KD tersebut adalah....
A:) menjelaskan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit
B:) menjelaskan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan data percobaan
C:) menjelaskan analisis perbedaan larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit yang konsentrasinya sama
D:) menghitung penurunan tekanan larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit yang berdasarkan data percobaan

26) Diantara kegiatan yang seharusnya dicantumkan pada RPP bagian kegiatan inti adalah....
A:) mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
B:) menggunakan pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan peserta didik
C:) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
D:) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

27) Pada pembelajaran konsep asam basa dan pH, peserta didik ditugaskan untuk mengamati kondisi perairan (selokan, sungai, air sumur) yang diduga bermasalah di sekitar lingkungan rumah mereka. Mereka mengidentifikasi kondisi air (pH, kekeruhan, daya hantar listrik, dll), serta menganalisis faktor penyebabnya. Kegiatan ini sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia berikut, kecuali....
A:) Memupuk sikap ilmiah yang mencakup: sikap jujur dan obyektif
B:) Menerapkan konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
C:) Meningkatkan kesadaran terhadap aplikasi ilmu kimia yang dapat bermanfaat dan juga mungkin merugikan
D:) Memahami konsep-konsep kimia dan saling keterkaitannya sebagai bekal belajar kimia di perguruan tinggi.

28) “Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan”. Dimensi pengetahuan yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah dimensi....
A:) faktual
B:) konseptual
C:) prosedural
D:) metakognitif

29) Pada RPP guru harus mencantumkan media belajar yang digunakan. Contoh media belajar yang bukan termasuk benda asli pada pembelajaran kimia adalah ....
A:) pasir kuarsa
B:) air laut
C:) molymod
D:) pH meter

30) Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik melakukan interpretasi data yang diperoleh dari hasil praktikum kimia yang dilakukan kelompoknya. Kegiatan pembelajaran tersebut menggunakan prinsip pembelajaran…
A:) peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu
B:) peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar
C:) proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah
D:) pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif

Semoga bermanfaat ^^

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

My Featured Post

Si unik Kapur Barus

Sejarah Kapur Barus Kapur Barus sudah bukan lagi barang aneh dalam kehidupan kita. Hal ini selain karena pemanfaatannya juga dikarenaka...