Aku bakal share beberapa contoh soal pedagogik buat para cikgu atau calon cikgu kimia.
Untuk jawaban silahkan dicari sendiri sesuai teori di buku-buku atau browsing di mbah google. Gak boleh males, apalagi mau asal copas tanpa usaha, hehehe
***
PENDIDIKAN KIMIA
KOMPETENSI PEDAGOGIK
1) Hakekat ilmu kimia merupakan salah satu topik pada mata pelajaran
kimia di SMA/MA. Pernyataan yang tepat tentang ilmu kimia adalah ilmu yang ….
A:) mempelajari
segala sesuatu tentang zat yang meliputi sifat, perubahan, dinamika dan
energetika zat yang melibatkan keterampilan dan penalaran.
B:) mempelajari
segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat,
perubahan, dinamika dan energetika zat penalaran.
C:) mempelajari
segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat,
perubahan, dinamika dan energetika zat yang melibatkan keterampilan dan
penalaran.
D:) mempelajari
segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur dan sifat,
perubahan, dinamika dan energetika zat yang melibatkan keterampilan dan sikap
ilmiah.
2) Dalam kimia dikemukakan pernyataan bahwa energi tidak dapat diciptakan
maupun dimusnahkan. Pernyataan ini merupakan ....
A:) konsep
B:) prinsip
C:) teori
D:) hukum
3) Penyajian materi pada pembelajaran konstruktivisme biasanya diawali
dengan mengetahui ....
A:) prasyarat
pengetahuan siswa
B:) pekerjaan rumah
siswa
C.: konsepsi awal
siswa
D:) hasil diskusi
siswa
4) Salah satu teori belajar yang dirujuk saat ini adalah teori
konstruktivisme. Prinsip pembelajaran konstrukivisme, siswa ….
A:) membangun
pemahaman oleh diri sendiri dari pengalaman-pengalaman baru berdasarkan pada
pengalaman sebelumnya
B:) bekerjasama
dengan orang lain untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerja sama
C:) belajar
bertanggungjawab melalui kegiatan eksplorasi dan sosialisasi
D:) bekerjasama
dengan orang lain untuk menciptakan pembelajaran adalah lebih baik dibandingkan
dengan belajar sendiri.
5) Dalam teori belajar menurut Piaget ada suaru proses yaitu proses penyesuaian
struktur kognitif pebelajar dengan pengetahuan baru. Nama proses tersebut
adalah....
A:) Enaktif
B:) Asimilasi
C:) Akomodasi
D:) Equilibrasi
6) Banyak definisi belajar yang dikemukakan pada pakar pendididikan,
salah satunya adalah proses belajar akan terjadi jika mengikuti tahap-tahap asimilasi,
akomodasi dan ekuilibrasi (penyeimbangan antara proses asimilasi dan
akomodasi). Teori tersebut adalah pendapat …
A:) Gagne
B:) Piaget
C:) Ausuble
D:) Bandura
7) Suatu larutan ditambahkan larutan HCl
encer mengahasilkan endapan. Lalu ditambahkan H2S tidak membentuk
endapan maka kation tersebut adalah ...
A:) Cu2+
B:) Ba2+
C:) Sn4+
D:) Pb2+
8) Prosedur untuk meguji bahwa suatu sampel
mengandung karbohidrat jenis monosakarida…
A:) Memasukkan
5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji
lalu panaskan dalam penangas air, amati selama 2 menit
B:) Memasukkan
5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji
lalu panaskan dalam penangas air, amati selama 15 menit
C:) Memasukkan
5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji
lalu diamati selama 2 menit
D:) Memasukkan
5 mL pereaksi Barfoed ke dalam tabung reaksi, tambahkan 5 tetes larutan uji
lalu diamati selama 15 menit
9) Pasangan bahan kimia berikut yang bisa
disimpan secara berdampingan dalam almari bahan di laboratorium adalah…
A:) H2SO4
dan KNO3
B:) NaCl
dan MgSO4
C:) KMnO4
dan logam natrium
D:) HCOOH
dan H2O2
10) Bahan-bahan
kimia seperti kalium sianida, hidrogen sulfida, nitrobenzena, atripin,sublimat
HgCl2), persenyawaan sianida, dan arsen merupakan bahan sangat
beracun karena dapat menyebabkan kerusakan kesehatan yang akut bahkan kematian
pada konsentrasi sangat rendah jika masuk ke tubuh. Berikut ini persyaratan
penyimpanan bahan-bahan ini dilaboratorium, kecuali.......
A:)
Ruangan
hangat dan tidak perlu ventilasi
B:)
Jauh
dari bahaya kebarakan
C:)
Disediakan
alat pelindung diri, pakaian kerja, masker dan sarung tangan.
D:)
Dipisahkan
dari bahan-bahan yang mugkin bereaksi.
11) Untuk menganalisis sampel yang diduga
mengadung kation-kation Pb2+, Ca2+, dan Zn2+
dilakukan serangkaian uji kualitatif yang dirangkum dengan diagram berikut.
pereaksi
X, Y, dan Z yang tepat berturut-turut adalah...
A:) NH4OH,
NH4OH, KI
B:) NaOH,
NaOH, AgNO3
C:) H2SO4,
HCl, NaOH
D:) AgNO3,
KI, NH4OH
12) Dalam menganalisis suatu zat ionik
organik maupun anorganik diperlukan langkah-langkah yang benar agar hasil yang
diperoleh sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. berikut adalah beberapa langkah
yang biasa dilakukan dalam analisis kimia
1) pengubahan
analit ke dalam bentuk yang sesuai dengan pengukuran
2) pengukuran
3) perhitungan
dan interpretasi data
4) sampling
5) observasi
fisik
urutan
langkah-langkah yang benar adalah...
A:) 1),
2), 4), 3), 5)
B:) 5),
4), 1), 2), 3)
C:) 5),
2), 4), 1), 3)
D:) 5),
4), 2), 1), 3)
13) Asam sulfat pekat sebaiknya disimpan
dalam almari asam yng bagian alasnya dilapisi teflon. Meskipun demikian, dalam
keadaan terpaksa, zat ini boleh disimpan dalam tempat lain asalkan tidak boleh
berdekatan dengan zat tertentu yang dapat memicu ledakan jika keduanya
bercampur. zat berikut ini yang aman bila berdekatan dengan asam sulfat pekat
adalah...
A:) kalium
klorat
B:) amonium
nitrat
C:) kalium
permanganat
D:) aluminium
klorida
14) Peralatan gelas berikut ini yang tidak
diperlukan pada titrasi penentuan kadar asam cuka dengan larutan standar NaOH
adalah...
A:) pipet
volum
B:) corong
pisah
C:) Erlenmeyer
D:) buret
15) Zat korosif adalah zat padat, cair, atau gas yang menghancurkan
jaringan hidup dengan tindakan kimia di tempat yang mengalami kontak. Efek
korosif tidak hanya terjadi di kulit dan mata, tetapi juga di saluran
pernapasan dan, bila termakan, di dalam saluran cerna. Berikut ini yang termasuk
zat korosif adalah, kecuali...
A:) asam nitrat
B:) nitrogen dioksida
C:) natrium sianida
D:) fenol
16) Berikut ini adalah manfaat mendayagunakan komputer dalam
pembelajaran, kecuali...
A. Membangkitkan
motivasi kepada peserta didik dalam belajar
B. Menghasilkan
penguatan yang tinggi
C. Peran guru dalam
pembelajaran dapat dihilangkan
D. Warna, musik,
dan grafis animasi dapat menambahkan kesan realism
17) Secara teoretis, teknologi komputer memainkan peran yang sangat luar biasa
untuk mendukung terjadinya proses belajar yang constructive yang artinya...
A:) memungkinkan
siswa dapat terlibat aktif oleh adanya proses belajar yang menarik dan
bermakna.
B:) memungkinkan
siswa dapat menggabungkan ide-ide baru kedalam pengetahuan yang telah dimiliki
sebelumnya untuk memahami makna atau keinginantahuan dan keraguan yang selama
ini ada dalam benaknya
C:) memungkinkan
siswa dalam suatu kelompok atau komunitas yang saling bekerjasama, berbagi ide,
saran atau pengalaman, menasehati dan memberi masukan untuk sesama anggota
kelompoknya.
D:) memungkinkan
siswa dapat secara aktif dan antusias berusaha untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
18) Bentuk-bentuk media pembelajaran berbasis komputer yang paling tepat dapat
digunakan dalam pembelajaran Kimia dengan tujuan untuk melatih kecakapan dan
keterampilan siswa dimana konsep telah diberikan dalam pembelajarann sebelumnya
adalah ...
A:) drill and
practice
B:) tutorial
C:) games
D:) simulasi
19) Berikut ini adalah alasan yang paling tepat untuk memilih simulasi
komputer dalam pembelajaran, kecuali...
A:) dapat
melibatkan siswa dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang sebenarnya,
namun tanpa resiko yang nyata.
B:) lebih menghemat
waktu jika dibandingkan menggunakan situasi real
C:) Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin.
D:) peserta didik
belajar untuk membuat keputusan yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang
ada
20) Seorang guru ingin memperbaiki pembelajaran pada
konsep kesetimbangan kimia dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Dia
melakukan refleksi terhadap hasil belajar pada konsep tersebut pada tahun
sebelumnya dengan hasil sebagai berikut.
Berdasarkan data Guru tersebut ingin memperbaiki
pembelajaran pada konsep tersebut melalui PTK. Masalah yang tepat pada
penelitian tersebut adalah....
A:) “Apakah pembelajaran kooperatif pada konsep kesetimbangan dapat meningkatkan
proses belajar dan aktifitas siswa”
B:) “Apakah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas
siswa pada konsep kesetimbangan”
C:) “Apakah pembelajaran kooperatif pada konsep kesetimbangan dapat meningkatkan
hasil belajar dan aktifitas siswa”
D:) “Apakah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep
kesetimbangan”
21) Pernyataan berikut merupakan manfaat dari
penelitian.
i. Memperbaiki hasil belajar dan aktifitas siswa seluruh kelas yang diampu
ii. Membandingkan kemampuan rata-rata pencapaian hasil belajar antar kelas
iii. Meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran yang seharusnya dilakukan
oleh guru
iv. Memperbaiki
kinerja-kinerja guru agar nilai kinerjanya baik.
Pernyataan yang merupakan manfaat Penelitian Tindakan
Kelas bagi guru adalah....
A:) i dan ii
B:) ii dan iii
C:) ii dan iv
D:) iii dan iv
22) Kompetensi inti
dimensi keterampilan atau KI 4 untuk SMA adalah mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan. Diantara kegiatan pembelajaran berikut yang sesuai
dengan kompetensi tersebut adalah....
A:) membaca teks
untuk menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan
turunannya
B:) mendiskusikan
reaksi redoks yang terjadi dalam sel elektrolisis larutan dan lelehan
menggunakan elektroda inert
C:) mendiskusikan
konsep sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit.
D:) merancang
gagasan cara mencegah dan mengatasi terjadinya korosi
23) Tujuan pembelajaran yang tercantum pada RPP seorang guru kimia adalah
“peserta didik dapat menentukan kadar larutan asam asetat dalam cuka dapur
melalui percobaan” Materi ajar yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah . . .
.
A:) Titrasi asam
basa
B:) Sifat asam basa
C:)
Konsentrasi larutan
D:) pH
larutan
24) RPP yang disusun guru harus dikembangkan sesuai prinsip
penyusunan RPP pada peraturan menteri yang berlaku. Diantara pernyataan berikut
yang bukan merupakan prinsip penyusunan RPP adalah. . . .
A:)
mengembangkan kemandirian belajar
B:)
memperhatikan perbedaan individu peserta didik
C:)
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
D:)
dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai
25) KD pelajaran Kimia kelas XII pada topik sifat
koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit adalah 3.2 Membedakan
sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dan 4.2
Mengolah dan menganalisis sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan
nonelektrolit yang konsentrasinya sama.
Perumusan indikator pencapaian kompetensi yang paling
tepat bagi kedua KD tersebut adalah....
A:)
menjelaskan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit
B:)
menjelaskan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit berdasarkan
data percobaan
C:)
menjelaskan analisis perbedaan larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
yang konsentrasinya sama
D:)
menghitung penurunan tekanan larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit yang
berdasarkan data percobaan
26) Diantara kegiatan yang seharusnya dicantumkan pada
RPP bagian kegiatan inti adalah....
A:)
mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan
B:)
menggunakan pendekatan saintifik yang disesuaikan dengan karakteristik mata
pelajaran dan peserta didik
C:) menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
D:)
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
27) Pada pembelajaran konsep asam basa dan pH, peserta didik ditugaskan untuk
mengamati kondisi perairan (selokan, sungai, air sumur) yang diduga bermasalah
di sekitar lingkungan rumah mereka. Mereka mengidentifikasi kondisi air (pH,
kekeruhan, daya hantar listrik, dll), serta menganalisis faktor penyebabnya.
Kegiatan ini sesuai dengan tujuan pembelajaran kimia berikut, kecuali....
A:) Memupuk sikap
ilmiah yang mencakup: sikap jujur dan obyektif
B:) Menerapkan
konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan
teknologi
C:) Meningkatkan
kesadaran terhadap aplikasi ilmu kimia yang dapat bermanfaat dan juga mungkin
merugikan
D:) Memahami
konsep-konsep kimia dan saling keterkaitannya sebagai bekal belajar kimia di
perguruan tinggi.
28) “Menyajikan hasil
pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan”. Dimensi pengetahuan
yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah dimensi....
A:) faktual
B:) konseptual
C:) prosedural
D:) metakognitif
29) Pada RPP guru harus mencantumkan media belajar yang digunakan. Contoh
media belajar yang bukan termasuk benda asli pada pembelajaran kimia adalah
....
A:) pasir kuarsa
B:) air laut
C:) molymod
D:) pH meter
30) Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik melakukan interpretasi data
yang diperoleh dari hasil praktikum kimia yang dilakukan kelompoknya. Kegiatan
pembelajaran tersebut menggunakan prinsip pembelajaran…
A:) peserta didik
difasilitasi untuk mencari tahu
B:) peserta didik
belajar dari berbagai sumber belajar
C:) proses
pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah
D:) pembelajaran
berbasis keterampilan aplikatif
Semoga bermanfaat ^^
mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
ReplyDeleteBONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup.